Media Sosial Masa Kini

Posted: Januari 3, 2015 in Uncategorized

Dulu saat dimana belum adanya teknologi dan internet yang super canggih, orang-orang berkirim kabar melalui surat menyurat. Kalau kata di kartun sih ngirim suratnya dibawa sama burung-burung hahaha. Semakin berkembangnya zaman, kini kita sudah bisa berkirim kabar tidak hanya melalui surat saja loh, bisa melalui pesan singkat atau yang disebut SMS, bahkan sudah lebih canggih lagi dengan adanya gadget-gadget keren seperti Blackberry, Android dan Apple yang didalamnya dilengkapi dengan fitur-fitur, fasilitas dan media sosial yang canggih juga loh.
Ngomong-ngomong media sosial itu apa sih? Menurut wikipedia, Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial:
1. Proyek Kolaborasi
Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. Contohnya wikipedia
2. Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya twitter
3. Konten
para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. Contohnya youtube
4. Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. Contohnya facebook
5. Virtual game world
Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
6. Virtual social world
Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, Contohnya second life.

Media sosial mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:
Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

social-networks

Berikut ini 10 jejaring sosial populer di Indonesia (via: Top10Magz)
Di era serba modern dan canggih ini, berbagi informasi tak lagi melalui media cetak seperti koran dan majalah saja, tapi juga melalui media elektronik seperti televisi, radio dan saat ini yang paling cepat sekaligus paling banyak digunakan adalah melalui jejaring sosial. Karakter orang Indonesia memang terkenal suka berbagi informasi, maka tak heran banyak orang Indonesia yang menggandrungi jejaring sosial sebagai sarana berkomunikasinya. Berikut 10 Jejaring Sosial yang Populer di Indonesia:

10. Path
Situs ini disebut sebagai smart jurnal online. Bedanya dari sosial media lain, Path didesain untuk media berbagi informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Terlihat dari batas jumlah teman yang disediakan, yaitu hanya sebanyak 150 orang saja. Penggunanya terbilang banyak di Indonesia, sekitar satu perlima pengguna Path dan lebih dari setengah aktivitas Path adalah dari Indonesia.

9. Pinterest
Sosial media satu ini sempat berebut huruf P dengan Path untuk dijadikan logonya. Fokus pada foto dan gambar-gambar, Pinterest banyak digunakan sebagai media promosi maupun fotografi. Fiturnya antara lain board (semacam album untuk mengelompokkan jenis foto) dan Re-pin semacam Re-tweet tapi ala Pinterest. Sesuai dengan namanya, Pinterest, Pin your Interest!

8. Youtube
Youtube adalah layanan jejaring sosial yang juga berpengaruh besar untuk dunia hiburan, komunikasi dan informasi. Dikhususkan pada layanan video yang juga telah melejitkan banyak nama, mulai dari Justin Bieber, Gangnam Style ala Psy dan di Indonesia salah satunya duo lipsync Sinta- Jojo. Di sini, banyak jenis video yang bisa ditonton, mulai dari musik, video lucu, tutorial, hingga beragam video koleksi pribadi milik pengunggahnya.

7. Soundcloud
Jika Youtube merupakan media berbasis video, maka Soundcloud adalah media yang berbasis audio. Audio yang diunggah dapat diunduh secara gratis oleh pendengarnya dengan download limit sebanyak 100 kali unduh. Bagi para musisi, sosial media ini memegang peranan penting untuk mempromosikan karya kepada pendengar. Tapi tak hanya musik saja, jenis suara apapun bisa dibagi di sini, mulai dari baca puisi, cerita, dongeng, panduan broadcasting, hingga menyanyi khas ala kamar mandi juga ada. Cara kerjanya pun sederhana, setelah sign up, pengguna kemudian akan mendapat akun dan bisa langsung mengunggah suara yang ingin dibagi. Ada juga fitur Re-post yang cara kerjanya sama seperti Re-tweet di Twitter dan Re-pin di Pinterest, lagu atau suara karya orang lain yang dianggap menarik akan muncul di jajaran suara di akun kita bersama audio-audio lain yang telah diunggah. Banyaknya jumlah Re-post juga menjadi tolok ukur popularitas sebuah suara atau musik, ajang yang bagus untuk mengenalkan karya bagi musisi pemula.

6. Tumblr
Nah, untuk sosial media yang satu ini, lebih mengarah ke ranah blog semacam WordPress maupun Blogger namun memiliki beranda yang memunculkan update terbaru dari akun Tumblr yang diikuti. Pilihannya terdiri dari jenis apa yang ingin dibagi, yakni text, video, audio, photo, quote dan link. Ada juga fitur like dengan mengklik gambar hati dibawah post, re-blog dan komen.

5. Linked In
Didesain khusus untuk pekerja professional yang orientasinya lebih cenderung untuk bisnis. Saat ini memiliki sekitar 225 juta pengguna aktif di seluruh dunia dengan Indonesia yang menempati urutan ketiga tingkat pertumbuhan penggunanya. Selain bahasa Inggris, Linked In juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, antara lain Perancis, Jerman, Italia, Portugis dan Spanyol. Dalam profil yang ditampilkan, pengguna diminta mengisi informasi pengalaman kerja serta karirnya, dengan begitu akan lebih mudah untuk mencari dan berbagi lowongan pekerjaan karena orang lain bisa melihat pengalaman kerja secara langsung. Lebih dari 150 industri dan 400 bidang ekonomi tergabung di dalamnya. Linked In menempampati posisi ke empat sebagai jejaring sosial paling populer di dunia.

4. Instagram
Say cheese! Ini dia, ajang berbagi foto yang sedang naik daun dan disebut sebagai The Rising Star karena perkembangannya yang sangat cepat. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mengedit dan membagikannya tak hanya pada pengikutnya saja, tapi juga bisa langsung di beberapa situs lain seperti Twitter, Facebook dan Tumblr dengan mencentang link situs yang juga ingin dibagi. Tak perlu menjadi fotografer professional untuk memiliki akun ini, pengguna pemula pun bisa mengunggah foto dan menjadi fotografer dadakan di sini.

3. Foursquare
Berbeda dengan Instagram yang berbasis foto, sosial media ini berbasis lokasi. Bagi yang suka travelling ke mengunjungi berbagai tempat, situs ini memang sangat mendukung hobi jalan-jalan tersebut. Foursquare memungkinkan penggunanya untuk check-in, berbagi foto dan informasi seputar tempat yang dikunjungi.

2. Twitter
Twitter dikenal sebagai micro blogging yang menyediakan cara berkomunikasi baru dengan simple namun powerful dan efisien. Kicauan khas ala twitter dibatasi hanya sebanyak 140 karakter namun justru itulah letak daya tariknya. Penggunanya dituntut menjadi kreatif dengan tidak membahas hal tidak perlu karena karakternya yang dibatasi. Situs yang didirikan tahun 2006 ini belum lama ini telah menambah fitur baru yakni berkirim foto via Direct Message. Privasinya lebih terjaga karena hanya akun yang diikuti saja yang bisa dikirimi pesan. Jejaring sosial ini sangat populer di Indonesia, bahkan tercatat bahwa Indonesia saat ini menempati peringkat ke lima sebagai pengguna Twitter terbesar di dunia. Wow!

1. Facebook
Ini dia, jejaring sosial nomor wahid seluruh dunia. Siapa yang tak kenal Facebook? Situs sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini mempunyai sekitar 1 milyar pengguna di seluruh dunia dan merupakan yang paling terbesar. Penggunanya dari berbagai jenis kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa, dari petani hingga presiden mempunyai akun Facebook. Indonesia sendiri menempati posisi ke empat sebagai pengguna Facebook terbesar sedunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan India. Situs yang sering disebut-sebut menyamai pendahulunya yakni My Space ini awalnya diciptakan untuk saling mengenal antar mahasiswa di kampus Zuckerberg, Harvard University. Kemudian menjadi terkenal ke beberapa kampus lain seperti Boston College, Boston University, Stanford, NYU dan Ivy League hingga mendunia sampai saat ini. Sempat difilmkan dengan judul The Sosial Network pada tahun 2011 dengan Justin Timberlake sebagai salah satu aktornya dan sempat pula memenangkan berbagai pernghargaan di berbagai ajang. Namun begitu, Facebook juga sempat menuai beberapa kontroversi dan pernah diblokir di beberapa negara termasuk di antaranya adalah Republik Rakyat Cina, Vietnam, Iran, Pakistan, Suriah, Uzbekistan dan Bangladesh dengan berbagai alasan misalnya karena anti-Islam dan konten-konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa institusi dan perkantoran untuk mecegah buang-buang waktu.

Ada banyak cara untuk tetap up to date dan tidak gagap teknologi, salah satunya melalui jejaring sosial. Banyak keuntungan yang diberikan, sebagai sarana promosi, bisnis, politik, menjalin silaturahmi dan banyak lainnya. Namun harus tetap waspada terhadap dampak negatif yang mungkin mengikuti. Tidak sedikit kasus cyber crime terjadi seiring perkembangan sosial media dewasa ini. Tidak sedikit pula yang menjadi terlalu terikat dan menghabiskan waktu terlalu banyak dalam bersosial media ria. Apapun kepentingan dalam bersosial media, sebaiknya tetap bijak dan berhati-hati terhadap informasi yang dibagi maupun diterima.

Media-Sosial-Untuk-Bisnis

Nahh, kalau yang tadi ada 10 jejaring sosial populer di Indonesia, untuk yang satu ini ada 20 jejaring sosial populer di dunia (via:sidomi.com)

1. Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini.

2. Twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile.

3. Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.

4. Weibo
Weibo atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China.

5. RenRen
Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna.

6. LinkedIn
Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional. Menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan. Kini miliki 175 juta pengguna.

7. Badoo
Didirikan tahun 2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social discovery website.

8. Instagram
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna.

9. Yelp
Yelp sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna.

10. Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna.

11. Flickr
Situs berbagi foto ini kini miliki 75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di kalangan pecinta fotografi.

12. Orkut
Tak banyak yang tahu jika Orkut adalah jejaring sosial lain milik Google. Meski jumlah pengguanya tak banyak, setidaknya mampu menarik 66 juta pengguna.

13. MySpace
MySpace masih memiliki gaung dengan 25 juta pengguna. Kini mereka lebih fokus ke ranah social music.

14. Foursquare
Jejaring sosial berbasis lokasi ini kini miliki 25 juta pengguna. Kini jejaring sosial tersebut mampu menembus 3 miliar check-in.

15. Pinterest
Jejaring sosial ini tergolong baru. Namun mampu menarik 25 juta pengguna saat ini. Pinterest sering disebut situs pin online.

16. Soundcloud
Soundcloud sering disebut sebagai jejaring sosial berbasis audio. Didirikan bulan Agustus 2007, kini jejaring sosial tersebut miliki 20 juta oengguna.

17. XING
Serupa dengan LinkedIn, XING juga kerap digunakan di kalangan profesional pekerja. Saat ini miliki 12 juta pengguna.

18. Friendster
Sempat menjadi primadona, Friendster kini fokus ke ranah social game. Kini Friendster miliki 8,2 juta pengguna.

19. Path
Disebut sebagai smart jounal online, Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga, kerabat, dan sahabat. Saat ini miliki 5 juta pengguna.

20. GetGlue
Miliki 3 juta pengguna, GetGlue sempat populer di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kini namanya tenggelam dan jarang terdengar lagi

Memadukan-Blog-Dengan-Media-Sosial

Diantara puluhan sosial media diatas, sosial media yang saya punya diantaranya:
Wordpress–> https://farrossalma.wordpress.com/
Facebook–> http://www.facebook.com/farrossalma
Twitter–> https://twitter.com/FarrosSalma
Ask.fm–> http://ask.fm/farrossalma

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar